ISD Sebagai Salah Satu MKDU


Manusia merupakan makhluk sosial , yang berarti manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa individu lainnya. Manusia memiliki dorongan untuk berinteraksi dengan individu  lain, dan membutuhkan orang lain serta lingkungan sosialnya sebagai sarana untuk bersosialisasi. Dalam bersosialisasi terkadang timbul masalah-masalah sosial , oleh kerena itu hadirlah ilmu sosial dasar untuk menelaah dan mengatasi masalah-masalah sosial yang ada di lingkungan masyarakat.



Pengertian Ilmu Sosial Dasar

Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang membahas masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti ; Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosial, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosial.

Secara umum dapat dikatakan ilmu sosial merupakan pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah sosial manusia dan kebudayaan. Istilah dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang artinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.

Pengertian Ilmu sosial dasar menurut para ahli, diantaranya yaitu :
  1. Ilmu Sosial Dasar adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih juga diperdebatkan tentang pola berhubungan para individu. (Engin Fahri)
  2. Ilmu Sosial Dasar adalah merupakan bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya. (Lena Dominelli)
  3. Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan. (Peter Herman)

Kesimpulan
Ilmu Sosial Dasar adalah lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama


Tujuan Ilmu Sosial Dasar
  1. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
  2. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
  3. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis-interdispliner.
  4. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penangguangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

a). Kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.

b). Konsep sosial atau pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep “keanekaragaman” dan konsep “Kesatuan Sosial”. Bertolak dari kedua konsep tersebut di atas, maka dapat kita pahami dan sadari bahwa di dalam masyarakat selalu terdapat :
  1. Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual atau kelompok
  2. Persamaan dan perbedaan kepentingan. Persamaan dan perbedaan itulah yang menyebabkan sering timbulnya konflik, kerja-sama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
c). Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Konsorsium antara bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 7 pokok bahasan, yaitu :
  1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan
  2. Masalah indvidu, keluarga, dan masyarakat
  3. Masalah pemuda dan sosialisasi
  4. Masalah hubungan antara warga dan negara
  5. Masaah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
  6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan
  7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi


Permasalahan Disekitar Masyarakat


Menurut Ilmu Sosiologi ada beberapa hal yang menyebabkan kemiskinan :
Pilihan untuk menjadi (atau tetap) miskin, yang tercermin dari pola pikir, pilihan hidup, dan perilaku individu; misalnya berperilaku malas atau tidak mau berusaha. Sulitnya akses untuk mendapat pendidikan yang layak dan pekerjaan. Perasaan terbiasa dengan kemiskinan (karena hidup di lingkungan miskin) sehingga kemiskinan itu di anggap hal yang wajar.

Menurut saya kemiskinan itu pasti bisa diatasi, dan setiap orang pun memiliki pikiran yang berbeda tentang bagaimana cara mengatasi kemiskinan. Optimis adalah salah satu kunci terpenting dalam menghadapi masalah, sebaliknya kalau anda pesimis semuanya akan terasa lebih berat. Berikut cara mengatasi kemiskinan :
  1. Hilangkan sifat malas, malu akan melakukan sesuatu yang baik, dan cobalah untuk menghargai waktu. Segala sesuatu memang tidak ada yang langsung jadi atau Instant, tapi segala sesuatu juga tidak akan terjadi apabila anda tidak memulai. Meskipun berat, meskipun susah, meskipun butuh waktu panjang, saat anda mulai bergerak menuju pada sesuatu yang lebih baik InsyaAllah sifat-sifat buruk itu akan mulai terkikis dengan sendiri nya.
  2. Hilangkan rasa takut untuk memulai sesuatu yang baru, apabila anda berada disuatu lingkungan yang dimana miskin adalah suatu hal yang biasa dilingkungan tersebut, maka rasa terbiasa akan kemiskinan akan mulai menghampiri. Anda harus bisa memotivasi diri anda sendiri agar bisa keluar dari zona nyaman yang buruk itu, cobalah memulai suatu pekerjaan/bisnis agar kebutuhan dasar anda terpenuhi.




SOAL


Essay :
  1. Apa yang dimaksud dengan Ilmu Sosial Dasar ?
  2. Apakah tujuan Ilmu Sosial Dasar ?
  3. Apa sajakah ruang lingkup dari Ilmu Sosial Dasar ?
  4. Apa perbedaan antara Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial ?
  5. Apa persamaan antara Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial ?


Pilihan Ganda :

1.  Mata kuliah pengantar ilmu sosial bersifat :
     a. memberi arahan penekanan materi seluruh ilmu-ilmu sosial
     b. memberi arahan penekanan secara global dan tidak mendalam
     c. memberi arahan penekanan pada subyek oriented menuju specialisasi
     d. memberi penekanan mataeri ilmu sosial secara terperinci

 2.  Ilmu sosial dasar adalah :
     a. ilmu yang membahan mengenai masalaha sosial dalam kehidupan masyarakat
     b. ilmu yang memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral
     c. tujuan pendidikan dan pengajaran di perguruan tinggi
d. pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang menggunakan pengertian-pengertian (fakta, teori, konsep) berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahian

 3. Latar belakang diberikannya ISD pada prinsipnya adalah menghindari :
     a. anggapan bahwa sistem pendidikan kita hanya mementingkan sosial science
     b. kritik terhadap sistem pendidikan kita oleh sejumlah cendikiawan
     c. anggapan bahwa sistem pendidikan kita tidak berbau kolonial
     d. a, b dan c benar

 4.Tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan memiliki tiga ketrampilan yang tidak termasuk kedalam kemampuan ini adalah :
     a. personal
     b. akademis
     c. likwidasi
     d. profesional

 5. Profesional adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan, maksudnya adalah :
     a. para tenaga ahli diharapkan mempunyai pandangan yang luas
     b. peka terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia
     c. para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesi
     d. a, b dan c benar




Sumber :
Engin F Isin and Bryan S Turner, Handbook of Citizenship Studies, 2002.
LENA DOMINELLI, The Routledge Handbook of Green Social Work
Abu Ahmadi, Dr, ILMU SOSIAL DASAR, Rineka Cipta, juli 1991.

Comments

Popular posts from this blog

6 BUDAYA ORANG PERANCIS

Suku Baduy Dalam