6 BUDAYA ORANG PERANCIS



Ada hal-hal yang tidak biasa terkait dengan orang Perancis yang sulit dimengerti oleh penduduk dunia lainnya. Memang ada banyak prasangka juga mengenai orang-orang Perancis yang berakibat akan pengamatan yang tidak realistis mengenai mereka.

Namun, meskipun kamu mengesampingkan prasangka-prasangka tersebut, terkadang kelakukan yang tidak biasa yang berasal dari budaya mereka yang unik masih tetap akan mencolok.

Memang pendapat kita mengenai apa yang aneh dan tidak terlepas dari budaya kita sendiri, kebiasaan dan tradisi orang-orang Perancis mungkin akan tetap dipandang oleh orang-orang di penjuru dunia lainnya sebagai tidak biasa.





1. Sifat 

Seperti kebanyakan orang barat lainnya, orang perancis sangat individualis. Mereka menghindari aktivitas organisasi dan hanya sibuk memikirkan urusan pribadi. Sisi negatif sikap orang perancis adalah sikap yang tidak toleran kepada orang asing, sikap merendahkan orang asing, mengkritik dan mengeluh merupakan hobi nasional. Selain sisi negatif, orang perancis juga banyak memiliki sisi positif seperti semangat orang perancis dalam memperjuangkan gagasan mereka, dan gaya yang membuat mereka terkenal, juga diimbangi oleh apresiasi mereka terhadap berbagai bentuk kecerdasan dan bakat.


2. Sikap terhadap Orang Asing


Orang perancis sangat berhati-hati dengan orang asing jika ada yang meminta bantuan. Misalnya, ada seorang turis kebingungan dan bertanya ke orang sekitar(perancis) nanti orang itu akan mengacuhkan si turis karena sifat orang perancis individualis. Sedangkan orang indonesia akan senang membantu jika ada yang butuh pertolongan dari penduduk asli ataupun turis.


3. Salam dan Sepatu

Kebiasaan orang perancis saat berkunjung kerumah diawali dengan cium pipi tanpa salaman dan langsung masuk dengan menggunakan sepatu tanpa melepasnya, berbeda dengan orang indonesia yang terbiasa salaman dan melepas alas kaki.







4. Makanan

Orang perancis sangat menyukai roti baguette, saking cintanya dengan roti ini setiap hari kamu akan melihat mereka berjalan dengan satu dengan dua roti baguette di tangan, dengan sebagian kecil sudah terlebih dahulu digigit. Mereka tidak akan langsung melahap roti tersebut, namun mereka biasanya akan menyobek sebagian kecil dari roti tersebut dengan tangan mereka untuk dilahap, dan mengulangi proses tersebut sampai roti tersebut habis. Mereka juga menyajikan roti di atas meja dan bukan di atas piring. Omong-omong soal piring, kalau kamu makan makanan dengan saus lezat, kebiasaan orang Perancis adalah menyobek sepotong roti dan mencampurnya dengan saus tersebut sebagai makanan penutupmu.


5. Jarang membawa kendaraan sendiri

Penduduk Perancis termasuk jarang mengemudikan kendaraannya saat berpergian ke daerah lain. Tak heran, karena di negara ini terdapat sistem transportasi kereta api yang disebut The Société Nationale des Chemins de fer Français (SNCF) atau French National Railway Corporation. Dengan menggunakan kereta api, perjalanan menjadi lancar tanpa terjebak macet.


6. Menghabiskan Waktu

Berlawanan dengan beberapa budaya di negara lain, orang Perancis lebih suka berlama-lama dalam hal-hal tertentu. Misalnya saja, cobalah memesan secangkir espresso. Kamu akan sering sekali melihat orang Perancis menghabiskan berjam-jam untuk menghabiskan secangkir espresso saja. Banyak orang justru melihat espresso sebagai jalan cepat untuk memasukkan kafein ke dalam sistem peredaran darah mereka, namun orang Perancis lebih suka pelan-pelan menyeruputnya dan menikmatinya pelan-pelan karena mereka sangat mengapresiasi kebersamaan dengan orang yang mereka ajak ataupun buku yang mereka baca di dalam kafe.





SOAL



Essay :

       1. Sebutkan isi dari plancomptable general ?
       2. Sebutkan 5 ciri-ciri Orang Perancis?

       3. Sebutkan 5 lembaga yang terlibat dalam Sistem Perancis ?
       4. Sebutkan jenis-jenis laporan keuangan yang ada di Perancis ?
       5. Sebutkan kelebihan dan kekurangan Perancis ?



Sumber :
Alan Hart, Live & Work in France 3E, How to Books Ltd, 2008

Comments

Popular posts from this blog

Suku Baduy Dalam

ISD Sebagai Salah Satu MKDU